4 Wisata Sejarah di Maluku Utara yang Wajib Dikunjungi

Sebagai suatu negara kepulauan terbesar di Dunia, memang tak mengherankanandai posisi indonesia sangatlah penting. Hal ini dapat disaksikan daru banyaknya lokasi wisata di Indonesia yang tidak jarang kali ramai dikunjungi oleh semua wisatawan. Banyak sekali tujuan tempat wisata yang dikunjungi turis asing di Indonesia. Destinasi wisata tersebut tentunya memiliki tidak sedikit sekali keunggulan jika dikomparasikan dengantujuan wisata yang lain. Salah satu tujuan wisata yang lumayan terkenalialah daerah Maluku Utara. Banyak sekali tujuan wisata di Maluku unsur utara yang dapat kita jadikan sebagai salah satu tujuan wisata pilihan yang lumayan menarik. Ada tidak sedikit sekali aneka jenis wisata di Maluku unsur utara yang lumayan menarik guna dikunjungi.

Kali ini anda akan membahas sejumlah kegiatan wisata yang lumayan menarik untuk dilaksanakan di area Maluku Utara. Kita akan membicarakan mengenai sejumlah destinasi lokasi wisata sejarah di Maluku Utara yang tak melulu unik namun, juga lumayan menarik. Kawasan Maluku Utara memang menyimpan tidak sedikit sekali tujuan wisata bersejarah. Beberapatujuan wisata itu seperti

  1. Museum Perang Dunia II di Morotai
Wisata Sejarah di Maluku
Wisata Sejarah di Maluku

Menurut Daftar Situs Judi Bola Online Terpopuler dan terbesar yang terpercaya di indonesia sejak tahun 2008 Battle of Morotai adalah salah satu momen urgen dalam pertempuran antara tentara Sekutu dan Jepang. Maka tak mengherankan andai ada tidak sedikit sekali peninggalan bekas-bekas pertempuran tersebut. Sebagai salah satutujuan tempat wisata di Pulau Morotai, eksistensi museum ini adalah sebuah urusan yang sangat urgen dan mesti dipertahankan dengan baik.

jika kita simaklah dengan baik, sebenarnya mayoritas dari koleksi museum ini adalah koleksi pribadi. Mereka yang pernah dan merasakan menyumbangkan barang koleksi mereka. Tak terdapat salahnya andai kita datang salah satu tujuan wisata sejarah di maluku unsur utara ini, selain merasakan keindahan alamnya yang menakjubkan pun sedikit tidak sedikit belajar dan memahami tentang sejarah urgen yang yang berada diarea pulau morotai ini.

Museum ini sendiri tidak jarang sekali di kunjungi oleh semua keluarga veteran perang yang berasal dari Australia dan Amerika, mereka datang ke museum ini untuk memahami jejak leluhur mereka yang ikut perang padaketika itu. Tak jarang terkadang mereka mengejar barang-barangkepunyaan leluhur mereka di museum ini. Sebagai di antara Museummenarik di Indonesia, memang format museum ini tidak semegah dan sebagus museum yang lain. Namun, apa yang terdapat di dalam museum ini akanpaling berharga guna diketahui dan dipelajari.

  1. Pulau Dodola

Sebagai suatu negara kepulauan memang tak mencengangkan jika tidak sedikit sekali tujuan wisata bahari di Indonesia. Setiap tujuan wisata tersebut tidak jarang kali memiliki keanehan dan keindahannya sendiri. tak tidak banyak dari tujuan wisata itu menjadi suatu tempat wisata yang tidak sedikit dikunjungi turis asing. Jika berkata mengenai tujuan pulau atau pantai yang cantik dan menarik, pulau Morotai memang enggan kalah dengan yang lain.

Ada suatu tempat wisata di Pulau Morotai yang mendapat julukan “mutiara di bibir Pasifik”. Pulau tersebut ialah pulau dodola yang secara ukuran tidak terlampau besar, tetapi menyimpan keindahan yang paling besar. Pulau yang satu ini mempunyai sejarah yang lumayan panjang pada masa perang dunia II. Hal ini sebab pulau dodola ini tidak jarang menjadi jalur lintas tempur antara pasukan sekutu dan jepang. Karena urusan itu maka kita dapat melihat tidak sedikit sekali sisa-sisa perang yangsedang di dasar laut dan daratan.

Pulau Dodola ini adalah salah satu lokasi scuba diving di Indonesia yanglumayan terkenal. Mereka yang datang ke pulau ini memang banyak sekali sangat penasaran hendak menyaksikan langsung bangkai-bangkai pesawat yang tenggelam. Bangkai kapal tersbut sekarang telah pulang menjadi tempat hunian untuk ikan-ikan kecil dan terumbu karang. Keberadaan bangkai kapalitu memang menjadi sebuah pesona yang luar biasa. Di samping bisabermanfaat sebagai penarik wisatawan datang, pun bisa bermanfaat sebagai rumah untuk ikan dan koral.

  1. Benteng Kalamata
Wisata Sejarah di Maluku
Wisata Sejarah di Maluku

Tempat wisata sejarah di Maluku Utara yang satu ini memang lumayan menarik guna kita kunjungi. sebagai salah satu tujuan tempat wisata di Ternate, nama Benteng Kalamata memang sudah paling terkenal. Bahkan nama benteng yang satu ini sudah paling terkenal semenjak zaman kolonialisme dulu.

Benteng yang terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan ini kesatu kali di bina oleh portugis pada tahun 1540. Pada ketika pembangunan kesatu kali, benteng ini sendiri mempunyai nama Santa Lucia. Pembangunan benteng ini sendiri bermanfaat sebagai pertahanan portugis dari serangan Spanyol yang bermarkas di Tidore. Sedangkan nama Kalamata sendiri ialah nama seorang Pangeran yang adalah adik dari Sultan Ternate Madarsyah. Dalam perjalanan sejarahnya benteng yang satu ini tidak jarang kali berganti-ganti pemilik. Mulai dari Spanyol, Portugis dan Belanda pernah menempati benteng yang satu ini.

Letak dari benteng yang satu ini memang paling strategis dalam guna dapat masuk ke Ternate. Maka tak mencengangkan jika tidak sedikit pertempuran yang terjadi melulu untuk menempati benteng yang satu ini. Benteng ini sendiri sempat sejumlah kali merasakan pemugaran untukmembetulkan kondisinya. Setidaknya terdapat 4 kali pemugaran yang pernahdilaksanakan pada benteng ini, yakni pada tahun 1609 oleh Jendral Hindia Belanda, 1799 oleh Mayor Lutzow, tahun 1994 oleh pemerintah Indonesia, dan yang terakhir pada tahun 2005 oleh pemerintah kota Ternate.

  1. Kedaton Kesultanan Ternate

Lokasi wisata sejarah di Maluku unsur utara yang selanjutnya ialah sebuah bangunan yang menjadi simbol dan kehormatan hati masyarakat Ternate. Bangunan ini merupakan tempat dimana kesultanan Ternate berada. Bangunan ini sendiri di dirikan kesatu kali pada tahun 1813 oleh Sultan Muhammad Ali.

Bangunan ini sendiri masih bertahan dan berdiri dengan kokohnya di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Siau, Ternate Utara, Pulau Ternate, Maluku Utara. Sebagai salah satu tujuan wisata kebiasaan di indonesia, eksistensi bangunan ini mempunyai nilai yang paling penting. Dari bangunan ini anda sedikit tidak sedikit dapat lebih mengenal dan mengetahui tentang sejarah yang terdapat di area Ternate. Selaintersebut Kedaton Kesultanan Ternate ini sendiri pun menjadi suatu museum yang paling unik dan mesti kita kunjungi.

Koleksi yang terdapat di dalam Museum ini sendiri memang paling kental dengan keadaan khas adat Ternate dan Kesultanan Ternate. Perlu kalian ketahui bahwa Kedaton ini sendiri masih aktif menjadi salah satu lokasi tinggal sultan Ternate. Selain tersebut kawasan ini pun sering dijadikan area untuk melakukan pelbagai kegiatan kebudayaan dan upacara adat. Pastikan bahwa Museum Kedaton Kesultanan Ternate ini masuk kedalam salah satu susunan wisata kalian di Maluku Utara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *